January 28, 2014

Posted by Hanif Azhar Posted on 7:20 PM | 8 comments

Mahasiswa Transformatif Universitas Kehidupan

Dunia mahasiswa sangat lekat dengan dunia pergerakan. Selayaknya agent of change, kita tentunya juga tahu bahwa perubahan, change, tidak akan dapat tercapai tanpa melalui sebuah pergerakan. Meski banyak yang beranggapan bahwa dunia pergerakan mahasiswa telah banyak mengalami kemunduran, namun salah rasanya bila membiarkan hal itu terus terjadi hingga akhirnya menghilang.

Berbicara tentang dunia pergerakan memang secara otomatis pula berbicara praktik. Namun praktik tanpa berlandasakan teori tak ubahnya seperti kambing yang mengembik.
Aksi tanpa visi, bagai mimpi buruk
Visi tanpa aksi, bagai mimpi di siang bolong
Dan hey ho! Pergerakan itu luas lho! Apalagi membicarakan sebuah gerakan transformatif. Pergerakan itu tidak melulu tentang aksi dan demonstrasi di pinggir jalan seperti yang sering digambarkan di media massa. Aksi tersebut memang diperlukan, tapi masih banyak aksi nyata lain yang bisa dilakukan mahasiswa. Misalnya saja membuat gerakan mahasiswa mengajar untuk anak-anak tidak mampu, membuat program adik asuh, menciptakan lapangan kerja baru dengan berwirausaha, dan masih banyak lainnya.

Mahasiswa Ideal

Ideal dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah sesuai dengan yang di angan-angankan, di cita-citakan. Ideal berarti sesuai proporsional dengan apa yang melekat pada ideal itu sendiri. Perlu dicermati bahwa objek dari ideal di sini adalah mahasiswa yang sebagai agent of change, agent of intelektual, and agent of control. revolution thinker and revolution defender. Harapannya agar mahasiswa menjadi garda terdepan dalam transformasi dari masyarakat sekarang menuju masyarakat yang lebih tepat dengan keadaan idealnya di masa depan.

Tidak mudah memang mendiskripsikan kata-kata ideal. Setidaknya, saya masih memunyai referensi unik tentang mahasiswa transformatif versi Pak Arif Munandar, salah satu materi yang sempat menampar semua pipi peserta Forum Indonesia Muda (FIM) 11 akhir tahun 2011 silam.
Mahasiswa cheerleader
Ini adalah tipe mahasiswa yang lemah! Baik itu lemah dalam softskill dan hardskill. Mahasiswa yang kuliah asal kuliah, tanpa visi ke depan yang jelas.

Mahasiswa Oportunis
Ini adalah tipe mahasiswa yang tidak seimbang antara hardskill dan softskill. Secara kemampuan hardskill dan akademik, memang sangat menonjol. Tapi secara kemampuan softskill kosong. Biasanya mahasiswa seperti ini hanya kuliah pulang, tanpa aktif dalam kegiatan apapun, baik di dalam maupun di luar kampus. Kalaupun aktif sedikit, itu hanyalah kepentingan semata. Bisanya, tipe kaya gini nih, oportunis, apatis. Hanya memikirkan perut sendiri tanpa peduli orang lain.

Mahasiswa Frustatif
Nah, kalau tipe satu ini adalah kebalikan dari sang oportunis. Secara softskill sangat menonjol, sayangnya tidak dibarengi dengan kemampuan hardskill yang memadai. Biasanya, mahasiswa ini sangat peduli dengan hajat hidup orang banyak. Saking pedulinya, sampai tidak mempedulikan diri sendiri. Ibaratnya lilin yang menyinari sekelilingnya, namun dia sendiri terbakar habis. Akhirnya, mereka pun akan frustatif akhirnya.

Mahasiswa Transformatif
Nah! Nah! Nah...!!! ini ni, baru yang namanya mahasiswa. Hardskill dapet! Softskill cakep! Semua balance seperti avatar Aang :D yah, memang sulit sih, jadi mahasiswa yang serba bisa kaya gini, tapi sulit bukan berarti tidak mungkin kan? Caranya gimana? (tunggu postingan selanjutnya aja deh)



Mahasiswa Baru Universitas Kehidupan
Yeah! At least... welcome to pasca campus! Akhirnya lulus juga! Tapi tunggu, lulus kuliah bukan berarti sudah lulus semuanya. Malah sebaliknya, tantangan sebenarnya adalah ketika memasuki universitas kehidupan. Saya sendiri belum bisa berbicara banyak tentang universitas kehidupan, karena saya pun baru memasukinya.

Categories:

8 comments:

  1. Replies
    1. #yeyeye #lalalalaaa

      tq uda mampir Ichi :)

      Delete
  2. Mas Hanif Azhar, Kenalkah dengan Alan David Prayogi ? Jika ya, minta tolong approve FB an "Zaibatsu Teknologi". Ga enak kalau tanya disini.. terimakasih

    ReplyDelete
  3. Kereeeennnnn .... *Salam kenal y mas hanif :)

    ReplyDelete