January 23, 2014

Posted by Hanif Azhar Posted on 6:49 AM | 8 comments

Dewa Perang Mars VS Dewi Cinta Venus

Unexpected Surprise

Unpredictable emotion
Pernah mengalami awkward moment seperti meme comic di atas nggak sih? Yeah, itu yang saya alami beberapa hari ini. Perbedaan pola pikir antara pria dan wanita. Sampai Dr. John Gray pun bilang dalam bukunya kalau pria itu alien dari Mars, sedangkan wanita itu alien dari Venus, tapi ketemunya di Bumi, begitu ceritanya.

Menurut teori dalam buku ini, pria cenderung berpikir logis sementara perempuan kerapkali mendahulukan perasaan. Pria cenderung straight to the point, sementara wanita menggunakan beragam kiasan untuk mengungkapkan maksudnya. Ini merupakan perbedaan mendasar yang sering menimbulkan perselisihan.

Kalau menurut Ustadz Salim A Fillah, dalam bukunya Barakallahu laka wa Barakah alaika, wa Barokah bainakuma fii khoir ; Bahagianya menemukan cinta. Untuk menemukan titik temu dari perselisihan di atas yang harus diingat adalah, pria merasa dihargai apabila dipercaya, diberi amanah, dan dibutuhkan. Sedangkan wanita akan merasa dihargai apabila dia dicintai, disayangi, dilindungi, diperhatikan. Beda banget kan?

Terlalu banyak deh, teori-teori yang mengupas tentang perbedaan dua makhluk berbeda ini. Namun, dari sebuah referensi, ada 15 perbedaan sifat dasar antara pria dan wanita. Pria cenderung bijaksana, sedangkan wanita memiki sifat kasih sayang yang tinggi :

  1. Jika pria diam, dia sedang mendengarkanmu. Apabila wanita diam, banyak hal yang sedang dia pikirkan.
  2. Jika pria menatapmu, ia pikir kaulah yang tercantik di dunia. Jika wanita menatapmu, dia berpikir kenapa kau berbohong.
  3. Jika wanita bersandar di bahu pria, maka pria itu merasa ia telah memiliki dunia, sedangkan wanita itu akan berharap akan memilikimu selamanya.
  4. Jika pria menelponmu tanpa alasan, dia sedang jatuh cinta denganmu. Jika wanita menelponmu, dia sedang ingin mendapat perhatian darimu.
  5. Jika pria merindukanmu, ia sedang merindukanmu lebih dari yang kamu bayangkan. Jika wanita merindukanmu, tak seorangpun di dunia ini yang merindukanmu lebih dari dirinya.
  6. Akal wanita terletak pada kecantikannya. Keindahan pria terletak pada kecerdikan akalnya.
  7. Pria mengetahui jalan menuju hati wanita, sedang wanita tidak mengetahui jalan menuju akal pria.
  8. Pada waktu bertunangan, pria lebih banyak bicara. Setelah pernikahan, sebaliknya, wanita yang lebih banyak bicara. Setelah lama menikah, suami istri akan banyak bicara, tetangga yang mendengarkan.
  9. Seorang wanita mampu menyimpan cinta dalam hati sampai puluhan tahun, tapi ia tak dapat menyimpan kebencian meskipun hanya satu jam. Sebaliknya, pria mampu menyimpan kebencian puluhan tahun, namun tak mampu menyimpan rasa cintanya meskipun hanya satu jam.
  10. Wanita bagaikan gudang, pria bagaikan pabrik. Gudang adalah tempat penyimpanan barang berharga tetapi apabila diambil terus menerus akan habis. Pabrik tidak menyimpan barang, tapi terus menerus berproduksi.
  11. Pria mengingatkan cepat-cepat, wanita ingin lambat-lambat.
  12. Wanita bagaikan gelas, sedang pria bawang merah. Gelas bila pecah sulit kembali ke bentuk semula. Bawang merah apabila busuk di luar, bila dikupas akan kembali kelihatan utuh.
  13. Wanita ingin hidup berbahagia dengan cinta, pria mencintai untuk hidup bahagia.
  14. Istri yang jujur dan setia kepada suami meringankan setengah beban kehidupan suami. Sirnalah kebahagian istri jika ia tak mampu menjadikan suaminya kawan yang paling mulia. Serta tidak mungkin seorang pria berbahagia tanpa didampingi istri yang sholehah.
  15. Seorang pria mendambakan istrinya dengan cinta pertamanya. Wanita mendambakan seorang suami yang mencintainya dengan cinta terakhir.

Selain itu,dari referensi-referensi yang pernah saya baca, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam perbedaan mendasar antara Dewa Perang Mars & Dewi Cinta Venus ini.




Categories:

8 comments:

  1. keren mas, sepertinya sudah siap jadi motivator.haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa... bisa aja kamu choi... motivasi galau nikah???
      tunggu motivasi selanjutnya untuk mahasiswa yg galau TA :v

      Delete
  2. Seperti sudah siap nikah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus selalu siap dong adik :3

      Antara menyegerakan dan tergesa-gesa kadang beda tipis :v

      Delete
  3. keren. jadi yang jadi admin kartun ngampus mas hanif ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Admin kartun ngampus ya si Shiro anak Jogja

      karna Q pake karakternya, ya aku cantumin kartun ngampus d komik strip ini, itu merupakan etika desain bro... ga boleh asal comot karya orang (coba tanya Dhanar psti ngrti hihii)

      Ini msh proses bikin karakter sndiri, mumpung lg smangat ngeBlog

      Delete