December 31, 2013

Posted by Hanif Azhar Posted on 12:12 AM | No comments

Amazing 2013

Dear 2013,
terimakasih atas segala pembelajarannya
kehidupan ibarat roda, kadang di atas kadang di bawah

Menjelang refleksi akhir tahun 2013, mari kita semua meriview capaian-capaian luar biasa dan cobaan tak terduga. Sehingga kita menjadi manusia yang lebih baik kedepannya.

Balada Tugas Akhir
Tidak bisa dipungkiri, cobaan selama proses tugas akhir adalah momentum paling berkesan selama di kampus perjuangan. mulai dari pengajuan judul Riset TA yang tak kunjung disetujui (sampai satu semester sendiri), penggantian topik TA pasca sidang riset Kolokium 1, didakwah tidak lulus pada Kolokium 2 dan harus mengulang semester depan, sampai akhirnya kabur semingguan ke Bali. Kemudian balik lagi berjuang untuk pameran, Kolokium 3, dan akhirnya sidang akhir Kolokium 4 juga. Alhamdulillah



#106 Happily Ever After
Wisuda merupakan hal yang paling indah bagi sebagian besar mahasiswa yang baru lulus dari kampusnya. Namun, akan menjadi lebih bermanfaat jika perayaan wisuda juga diikuti dengan gerakan saling berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Karenanya, wisudawan ke-106 kini menggelar sebuah gerakan berbagi bertajuk #106 Happily Ever After.

Design Project, Pascakampus
setidaknya ada 2 projek yang saya tangani langsung setelah wisuda. Pameran Sulaman cinta bersama inspirator saya di kampus, Pak Danil M Rosyid. Serta proyek layout buku pendidikan dari Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur. Ya, setidaknya saya sudah memunyai 2 portfolio profesional desainer, walaupun banyak teman yang menganggap saya salah jurusan :p Alhamdulillah



Kelas Inspirasi

Indonesia Mengajar kembali mengundang para profesional yang sukses karena pendidikan untuk turun tangan berbagi cerita dan pengalaman kerja dalam kegiatan bertajuk Kelas Inspirasi. Dan Kelas Inspirasi pertama yang diadakan di Surabaya akhir Februari 2013 memberi warna tersendiri dalam tahun yang luar biasa ini. Sampai saat ini, Kelas Inspirasi bahkan sudah tersebar ke seluruh penjuru kabupaten di Jawa Timur!


Jawa Pos Institut Pro Otonimi Award 2013
Menjadi bagian dari keluarga JPIP 2013 adalah berkah yang luar biasa. Berkah materi iya, berkah keluarga baru iya, dan yang paling penting itu pengalaman luar biasa yang tak ternilai harganya. Bagaimana tidak, saya yang notabenenya fresh graduate dari ITS jurusan Desain Produk Industri, diamanahi menjadi supervisor dalam survei JPIP 2013, ajang bergengsi penilaian daerah seluruh Jawa Timur. Berkelana bersama tim luar biasa keliling Blitar, Trenggalek, Tulungagung, Pacitan, Ponorogo, dan Magetan dalam sebulan! Sisi positifnya, saya menjadi pemuda yang lebih peka dengan keadaan real masyarakat Jawa Timur, Alhamdulillah.


Scoopy Fi dari LINE
memang kalau Allah sudah berkehendak, apapun bisa terjadi. pasca menjadi supervisor JPIP 2013, tiba-tiba ada motor Scoopy Fy dikirim ke rumah saya sebagai hadiah dari LINE, salah satu aplikasi chatting terbesar di Indonesia asal negeri Sakura. lagi lagi Alhamdulillah!


IMYEP HEBAT!
Siapa sangka, saya yang awalnya dinyatakan sebagai runner up dalam program SSEAYP (Shipping South East Asia Youth Program), dipanggil menjadi delegasi Indonesia Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) mewakili Indonesia dalam ajang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. pemanggilan ini hanya jarak 3 minggu sebelum keberangkatan, padahal delegasi lain sudah mendapat pembekalan lebih dari 3 bulan ke belakang. nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?


Bromo Tourism Development Project
Sepulang dari program, ternyata mendapat tawaran project pengembangan obyek wisata di Bromo. ya mana mungkin saya bisa menolak? hampir 2 minggu merasakan kehidupan masyarakat Bromo dan mempelajari kebudayaan lokal masyarakat sekitar. Serta pendekatan dan pencarian data di Pemerintahan Kabupaten Probolinggo. Semakin lama di Bromo, semakin saya menikmati keindahan alam Indonesia yang tampak seperti alam fantasi dunia semata.


Kaltim, dan Coklat Enteng Jodoh
akhir Nopember setelah projek Bromo, saya mendapat ajakan untuk projek AMDAL pembangunan pelabuhan penumpang di Samarinda, Kalimantan Timur. tanpa pikir panjang, tentu saja jawabannya IYA! hahhaaa. untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Kalimantan, mendapat ancaman kutukan sungai mahakam oleh orang setempat, sampai menyaksikan keelokan gadis-gadis dayak. Dan yang tidak kalah hebohnya adalah buah tangan dari pasangan muda Syukron-Endah, teman saya di kampus ITS, berupa coklat enteng jodoh yang masa berlakunya hanya sampai Mei 2014 -_-


Categories:

0 comments:

Post a Comment