January 3, 2012

Posted by Hanif Azhar Posted on 4:16 AM | No comments

Visualisasi Mimpi, Awal Sebuah Transformasi


Pernahkah kita membuka Youtube ataupun channel-channel video lainnya, kemudian mengetik kata kunci visualisasi mimpi Indonesia ? mungkin yang kita temukan tidak seperti yang kita bayangkan. Bahkan, bisa jadi hasil yang sesuai harapan sangat minim. Beda halnya ketika kita mencari visualisasi mimpi Singapore, India dan berbagai negara berkembang lainnya. Kita pasti menemukan berbagai video menakjubkan terkait visi mereka ke depan.


Visi, itulah salah satu perbedaan kita dengan mereka. Ketika negara-negara berkembang itu sudah memunyai visi ke depan yang menakjubkan, kita masih terjebak dengan permasalahan internal dan debat kusir tanpa ujung yang beraturan. Ironis memang. Walaupun banyak masyarakat yang sadar, lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Tapi pada faktanya masih banyak yang terjebak dalam kepentingan.

Dalam bukunya yang bertakjub  7 Habits of Highly Effective People, Stephen Covey mengungkapkan Kalau kita menginginkan perubahan kecil dalam hidup, ubahlah perilaku kita. Tetapi bila kita menginginkan perubahan yang besar dan mendasar, ubahlah pola pikir kita. Pernyataan ini pun disambut hangat oleh Nidji dalam sebuah syair lagunya. Mimpi adalah kunci Untuk kita menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya.

Begitu besarnya arti sebuah paradigma dan mimpi menuju realisasi. Hal ini dapat kita tuangkan dalam sebuah visualisasi mimpi. Disadari atau tidak, visualisasi mimpi akan memberikan motivasi menakjubkan bagi pelakunya. Ketika kita mulai jenuh dan melenceng dari jalan hidup dan tujuan, ingatlah kalau kita masih punya mimpi. Lihatlah visualisasi mimpi dan bersiaplah terbakar semangat jiwa dan raga kita.
Visualisai mimpi adalah awal yang indah untuk mengawali transformasi menuju tahun naga emas 2012. Sebagaimana gerakan yang sedang digencarkan oleh institusi Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) Nurul Fikri angkatan 5. Dengan optimisme membara, mereka berusaha memvisualisasikan mimpi mereka dengan sebaik-baiknya.

Alhasil, ketika kita mengetik kata kunci visualisasi mimpi di Youtube ataupun channel-channel video lainnya, maka akan bertebaran mimpi-mimpi peserta PPSDMS. Kurang lebih 190 mahasiswa terbaik bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pdjajaran (UNPAD), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ini adalah visualisasi mimpi para future leaders PPSDMS Nurul Fikri Regional IV Surabaya :)


Optimisme itu tumbuh berkembang dan subur memekar di berbagai bidang. Mulai dari kepemimpinan sektor privat, sektor publik, sampai sektor ketiga. Bisa kita bayangkan bagaimana wajah Indonesia 20 tahun mendatang ketika para pemuda dan mahasiswa mulai bersikap solutif, kritis dan optimis. Oleh sebab itu, mari  kita  mulai memvisualisasikan mimpi-mimpi kita demi Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. Itulah awal transformasi nyata bagi indonesia. Hidup Mahasiswa!

dan inilah proposal hidupku ya Allah...





Hanif Azhar,
Mahasiswa Desain Produk Industri FTSP ITS
PPSDMS Nurul Fikri Regional IV Surabaya

Tulisan ini dimuat di OKEZONE.COM

(http://kampus.okezone.com/read/2012/01/04/367/551303/visualisasi-mimpi-awal-sebuah-transformasi)
Categories:

0 comments:

Post a Comment