December 15, 2011

Posted by Hanif Azhar Posted on 11:41 AM | No comments

Peta Hidup, Peta Menuju Sukses !


Guru-guru SD SMP Surabaya

Jika kita gagal dalam berencana, maka kita sedang berencana untuk gagal. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah perencanaan yang cukup matang, termasuk dalam hidup. Salah satu upayanya adalah dengan membuat semacam peta hidup. Sebagaimana yang dilakukan oleh guru-guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Surabaya, Rabu (14/12). Dengan bimbingan dari Marwah Daud Ibrahim, Ph.D, pencetus lembaga pelatihan Mengelola Hidup Merencanakan Masa Depan (MHMMD), Institusi Program Pembinaan Sumber Daya manusia Strategis (PPSDMS) Nurul Fikri siap membangun podasi bangsa dengan karakter pendidik yang solutif dan visioner.
Kurang lebih 50 guru SD dan SMP itu mendapat pelatihan MHMMD. Bertempat di Aula Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) kampus B Universitas Airlangga, pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, mulai Senin (12/12) ini cukup menarik perhatian publik. Walaupun baru seumur jagung, tapi metode pemetaan hidup MHMMD diakui masyarakat sangat bermanfaat.
Alhamdulillah, saya bisa mendapatkan pengalaman berharga ini, dan mampu memetakan mimpi-mimpi saya,” ujar Maharti Rahayu, Salah seorang peserta pelatihan. Kepala SMP Muhammadiyah 9 Surabaya ini juga mengaku, dia mampu merumuskan langkah-langkah kongkrit untuk meraih citanya. Bahkan alumni IAIN Sunan Ampel ini merasa lebih optimis untuk menjadi konselor pendidikan tidak hanya lingkup local, tapi internasional.
Sukses bangsa adalah akumulasi dari sukses individu, itulah keyakinan Marwah Daud Ibrahim, Ph.D. Oleh sebab itu, salah satu pendiri dan anggota dewan presidium ICMI Indonesia ini mencetuskan MHMMD. “Mimpi saya adalah minimal 2 persen masyarakat Indonesia mampu menikmati pelatihan MHMMD sehingga lebih visioner dan mempunyai peta hidup untuk mencapai mimpinya,” ungkap mantan anggota DPR RI tersebut.
Pelatihan MHMMD ini sendiri merupakan salah satu program Blockgrant Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional. Blockgrant merupakan program dana bantuan langsung pendidikan karakter bangsa kepada masyarakat. Sebagai inisiator Blockgrant MHMMD, Lembaga Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) Nurul Fikri Regional Surabaya bertujuan mulia untuk memberikan pendidikan karakter bangsa melalui guru SD dan SMP.

Mentor MHMMD Full Team plus plus (Bunda Marwah)

Mentor MHMMD

Tim Garuda : Maju Semangat Sukses (Jungatses)

Bu Guru sedang membuat peta hidupnya
“guru merupakan subyek vital dalam dunia pendidikan. Sudah seharusnya peletakan batu pertama pembangunan karakter bangsa adalah para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut,” ungkap Wawan Ismanto, S.Si, selaku ketua panitia. Supervisor asrama PPSDMS Regional Surabaya ini menambahkan, pendidikan karakter bangsa sejak dini lebih efektif untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat di masa depan.  (niv)

My Dream, MHMMD on ITS, maba 2012
Categories:

0 comments:

Post a Comment