December 1, 2011

Posted by Hanif Azhar Posted on 10:53 AM | 2 comments

BEM ITS Transformation : is loading

Usai sudah penantian akan tonggak kepemimpinan baru Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS. Keluarga Mahasiswa (KM) ITS telah menunggu hampir selama dua bulan. Hingga akhirnya, pemilihan umum raya (pemira) ITS tahun ini tutup cerita. Imron Gozali ditetapkan sebagai Presiden BEM ITS periode 2011-2012.

Penetapan Sidang Kongres Mahasiswa ITS XXIII
Gugatan dan Pemira ulang menjadi beberapa isu yang sempat menghangat di KM ITS. Proses tersebut kemudian menjadi cerita yang cukup panjang dalam perjalanan terpilihnya Imron Gozali sebagai Presiden BEM ITS periode 2011-2012. Masih segar di ingatan KM ITS. Mahkamah Konstitusi Mahasiswa (MKM) sempat memutuskan untuk mengadakan Pemira ulang di distrik Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sementara MKM mengeluarkan putusan untuk menyelenggarakan Pemira ulang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkata sebaliknya.

Ketua KPU, M Dhanar Such Rufi Fajri menjelaskan bahwa Pemira ulang tidak perlu dilaksanakan. ''Pemira ulang boleh dilaksanakan hanya karena empat hal. Lagi pula, Pemira ulang maksimal dilaksanakan seminggu setelah pemungutan suara terakhir,'' tegas Dhanar. Keempat hal tersebut antara lain jika terjadi pemalsuan surat suara, penghentian pemungutan suara secara tiba-tiba, jumlah suara dari Legislatif Mahasiswa (LM) sama, dan jumlah suara untuk kedua calon Presiden BEM ITS sama.

Akibat KPU tidak menghendaki adanya Pemira ulang di distrik PENS, kongres yang menjadi jalan keluar penggantinya. Ada banyak cerita di balik kongres maupun sidang yang telah berlangsung panjang. Forum kekeluargaan pun sempat menjadi satu di antara beberapa jalan penyelesaian. Hingga akhirnya pada Minggu (27/11), berlangsung sebuah kongres yang akhirnya melahirkan Presiden BEM ITS.

Kongres tersebut dihadiri KPU, LM, kedua kandidat Presiden BEM ITS, para Ketua Himpunan Mahasiswa (Kahima), serta Mantan Presiden BEM ITS 2010-2011. ''Waktu itu kami mendesak MKM untuk mengeluarkan fatwa. Kalau MKM tidak mengeluarkan fatwa sampai maksimal pukul dua belas pada hari Rabu, 30 November 2011, maka kandidat nomor satu (Imron Gozali, red) yang ditetapkan dan diputuskan sebagai Presiden BEM ITS 2011-2012,'' Dhanar bertutur lantang. Kenyataannya, MKM memang tidak mengeluarkan fatwa apapun hingga batas waktu yang ditetapkan. (ITS Online : http://its.ac.id/berita.php?nomer=9437)




Serah Terima Jabatan Presiden BEM ITS 2010/2011 Dalu Qirom (kiri)
kepada Presiden BEM ITS 2011/2012 Imron Gozali (kanan)

Sertijab dan penyumpahan Presiden BEM ITS 2011/2012 Imron Gozali (kiri)
oleh wakil Dewan Perwakilan Mahasiswa Avief Nur Rakhim (kanan)


Sobat Transformer Senyum Transformasi :)
(dari kiri) Imron Gozali, Faisal Maulana, Hanif Azhar, dan Anindito Kusumojati




Categories:

2 comments:

  1. sukses utk pengurus BEM yg baru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you Ojan!
      sukses juga buat TAnya :)

      Delete