July 10, 2011

Posted by Hanif Azhar Posted on 1:46 PM | 2 comments

Kegalauan Kerja Praktek


Sejalan dengan usaha untuk mengembangkan sektor industri yang kokoh, perlu diciptakan suatu keseimbangan antara dunia pendidikan dan industri untuk menghasilkan sarjana yang memiliki pemahaman, kompetensi, dan keterampilan yang berkaitan dengan pengembangan teknologi dan bidang penerapannya. Dengan kemampuan akademis yang handal dan keterampilan di bidang industri yang memadai, para tenaga kerja itu nantinya dapat mengembangkan kreativitas dan penalaran untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam pembangunan industri di Indonesia.

Salah satu sasaran dari tujuan nasional adalah mencapai suatu struktur ekonomi yang mantap dan seimbang, ditunjang oleh kekuatan dan kemampuan yang tangguh dari perkembangan sektor industri yang kokoh, ditambah stabilitas nasional yang mantap dan dinamis.

Ditinjau pada kondisi bangsa sebagai aktualisasi kehidupan manusia secara komunal, maka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai peranan yang penting dalam kemajuan bangsa. Tidak hanya itu, secara tidak langsung hal ini juga mempengaruhi keberhasilan pembangunan masyarakat yang mandiri. Pengembangan IPTEK ini berfungsi sebagai akselerasi peningkatan sumber daya manusia, perluasan kesempatan kerja, peningkatan harkat dan martabat bangsa sekaligus peningkatan kesejahteraan rakyat, pengarah proses pembaharuan, serta peningkatan produktivitas.

Konsep pengembangan IPTEK dibangun oleh dua pihak yang saling berkaitan, yakni praktisi di dunia industri dan akademisi di kalangan pendidikan. Pembangunan di bidang pendidikan dilaksanakan seiring dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengaplikasikan suatu sistem pendidikan nasional dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) nasional dalam berbagai bidang. Perguruan tinggi sebagai bagian dari pendidikan nasional dibina dan dikembangkan guna mempersiapkan mahasiswa menjadi SDM yang memiliki kemampuan akademis dan profesi sekaligus tanggap terhadap kebutuhan pembangunan dan pengembangan IPTEK sehingga dapat dijadikan bekal pengabdian masyarakat.


Untuk mencapai hasil yang optimal dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan kerjasama dan jalur komunikasi yang baik antara perguruan tinggi, industri, instansi pemerintah, dan swasta. Kerjasama ini dapat dilaksanakan dengan penukaran informasi antara masing-masing pihak tentang korelasi antara ilmu di perguruan tinggi dan penggunaan di dunia industri.

Pendidikan tinggi sebagai tujuan dari sistem pendidikan nasional dibina dan dikembangkan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademik dan profesi yang tanggap terhadap kebutuhan pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan sebagai bekal pengabdian kepada bangsa dan negara. Pengembangan sumber daya manusia di perguruan tinggi dilaksanakan melalui kegiatan belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Jurusan Desain Produk Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi negeri dengan sasaran pengembangan industri kreatif nasional dan perancangan dalam skala besar. Mahasiswa Desain Produk Industri FTSP-ITS sebagai bagian dari sumber daya manusia Indonesia secara khusus disiapkan untuk menjadi designer, design engineer, project designer, peneliti, dan pendidik.

Untuk menunjang hal tersebut maka Jurusan Desain Produk Industri FTSP-ITS mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan KERJA PRAKTEK sebagai kelengkapan teori (khususnya dalam bidang keahlian) yang dipelajari di bangku kuliah. Untuk itu, saya sebagai Mahasiswa Jurusan Desain Produk Industri ITS, merencanakan akan melaksanakan kerja praktek di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan yang merupakan salah satu dinas yang bergerak dalam pengembangan bidang industri kreatif.


proposal selengkapnya unduh disini !!!

NB : Kegalauan kerja praktek, yups! bagaimana tidak galau, kalau teman-teman seasrama udah pada KP k luar kota, bahkan sampai ke luar Jawa menyebar ke seluruh Indonesia, tapi hari ini saya baru saja menyelesaikan proposal saya ^^. Semoga proposal ini membantu teman-teman yang kesulitan.
Categories:

2 comments:

  1. Good post. I just wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon.

    ReplyDelete
  2. AnonymousJune 14, 2014

    Makasih mas udah mau berbagi, bermanfaat banget....
    Semoga tambah sukses dan segera dapet jodoh... hehe

    ReplyDelete