January 7, 2011

Posted by Hanif Azhar Posted on 1:59 AM | 10 comments

Intip UKM Sulap Furniture

Joko, 35, warga Keputih ini kesehariannya bekerja sebagai buruh mebel di sebelah rumahnya, Keputih gang 2 nomor 22 A. Ayah dua anak ini mengaku cukup puas dengan pekerjaannya tersebut. Dia tampak bersemangat sekali ketika dijumpai dalam wawancara dan survey tugas presentasi jurnalistik, Senin (6/12).

Adi pun tak mau kalah dengan parternya, Joko. Sambil berdendang menyanyikan lagu Keong Racun yang dipopulerkan Sinta-Jojo tersebut, bapak satu anak ini menggosok kayu bakal jendela itu sampai halus. Sesekali mereka bercanda dan saling lempar topi. Selain itu, pria yang punya banyak koleksi topi itu tak bisa lepas dari batang rokoknya.

Berbeda dengan Joko dan Adi, Dodyk lebih menikmati kesendiriannya. Berjarak beberapa meter dari rekan kerjanya, Dengan tenang bapak berkumis tebal ini menyemprot triplek dengan pelapis kayu. Bagian demi bagian dia telusuri satu-satu. Tidak hanya rata, kerjaan pria berambut sebahu ini juga tergolog rapi. Sehingga tidak heran kalau dia menjadi kesayangan bosnya.

Namanya Joni. masih bujang, dan baru lulus SMA beberapa tahun lalu. Dia termasuk pria pemalu. Terbukti ketika hendak diambil gambarnya, dia selalu lari dengan alasan ,"maaf, belum mandi mas,". Sampai saya berhasil mengambil gambar pria asal Madura ini pun harus sembunyi-sembunyi. Pasalnya, langkahnya gesit dan selalu sigap terhadap lingkungannya.

Sebagai bos, Budi hanya mengontrol anak buahnya. Bersenjatakan pena dan secarik kertas, Bapak satu anak ini dengan teliti menghitung keuangan bisnis kecilnya. Sesekali dia juga menegur pekerjanya yang lalai. Namun tidak jarang pula canda-tawa terlontar dari bibirnya yang membuat tim UKM ini semakin terasa kental nuansa kekeluargaannya.
Categories:

10 comments:

  1. hmm... nice woodwork..
    u should add the alignment between each process. It make easier to understand :D

    ReplyDelete
  2. yeyeaaah.... thank's a bunch for ur advice :D

    ReplyDelete
  3. Usaha kecil dan menengah memang kian diminati saat ini. Apalagi semakin tahun, mulai banyak digelar pameran UKM baik tingkat nasional maupun regional yang secara nyata dapat mendorong UKM seperti milik Pak Budi ini untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas usahanya :)

    ReplyDelete
  4. Good at all,,
    sisi kehidupan yang mungkin tidak banyak orang yang tahu
    bagaimana jika ditambahkan sedkit ttg kauntungan yg mereka dapaat, apakah bisa mencukupi kehidupan keluarga mereka, sehingga mungkin ada yang tertarik dengan bidang ini :)

    ReplyDelete
  5. OK, makasih masukannya teman-teman

    mungkin artikel ini lebih sy tekankan dulu pada fotojurnalistiknya :D

    insyaallah postingan berikutnya lebih ke feature perjuangan bapak2 itu

    ReplyDelete
  6. mau lagi dong gambar2nya...

    ReplyDelete
  7. Cekidot Nif...

    http://dvisible.com/2009/08/10/images-that-lie/

    ReplyDelete
  8. linknya bagus pak...
    foto2 editan kemaren yg juara fotojurnalistik itu ya ?
    siip siiip pak..
    sering2 share link OK pak :D

    ReplyDelete
  9. ehmmm mari nak panggonane furnitur kuliahe furnitur jozz iki sawangane..hahaha

    ReplyDelete
  10. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin !!!!
    yo pancen tugasku iki terinspirasi dr matakuliah tercinta, desain furniture
    heahahahaaa

    ReplyDelete